Thursday, March 14, 2013

50 Pertanyaan untuk Menajamkan Visi Bisnis


  Menajamkan visi bisnis Anda adalah hal yang perlu dilakukan agar selaku pemimpin Anda dapat menahkodai organisasi dengan fleksibel dan dinamis menghadapi semua perubahan dan perkembangan yang terjadi. Sering kali, satu perubahan kecil dapat menyebabkan perbedaan besar atas hasil yang akan Anda petik di kemudian hari.

Ada 50 daftar pertanyaan yang memperkuat visi bisnis Anda khususnya di bidang pemasaran, penjualan, dan operasional. Jika Anda belum mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, mulailah mencari jawabannya dari pengalaman Anda, masukan tim, arahan mentor, riset, dan lain sebagainya. Bila diabaikan bisa saja kelak akan berakibat fatal bagi keseluruhan bisnis Anda. Pada edisi kali ini dipaparkan separuh dari 50 daftar pertanyaan untuk menajamkan visi bisnis Anda:

1.    Apa bentuk bisnis yang Anda geluti saat ini? Apa yang sebenarnya Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupan pelanggan Anda?

2.    Apa misi perusahaan Anda? Definisikan misi dalam hal apa yang melatarbelakangi berdirinya perusahaan, apa yang ingin dicapai?

3.    Apa yang ingin Anda dengar ketika pelanggan Anda berbicara dan berpikir tentang perusahaan?

4.    Siapa pelanggan sempurna Anda? Deskripsikan usia, pendidikan, pendapatan, pekerjaan, dan kebutuhan mereka.

5.    Apa pendapat pelanggan Anda tentang “nilai”? Apa manfaat yang pelanggan Anda cari atau harapkan ketika berurusan dengan perusahaan?

6.    Apa kompetensi inti perusahaan Anda? Apa keahlian khusus yang dimiliki perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan?

7.    Apa yang membuat Anda lebih unggul dari para pesaing?

8.    Siapa pesaing Anda? Siapa saja yang memasarkan produk atau jasa yang sama kepada calon pelanggan Anda?

9.    Siapa pesaing terbesar atau utama Anda?
10.  Siapa lagi pesaing “sekunder” Anda? Yang menawarkan produk atau jasa alternatif atas apa yang Anda pasarkan?

11.  Mengapa pelanggan potensial Anda membeli dari pesaing? Apa manfaat yang mereka terima darinya yang tidak mereka dapatkan dari Anda?

12.  Manakah produk atau jasa pemberi keuntungan paling tinggi? Apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkannya?

13.  Produk, jasa, pasar, pelanggan atau kegiatan apa yang harus ditinggalkan untuk mendapatkan lebih banyak waktu?

14.  Apa yang dapat Anda lakukan untuk menarik pelanggan pesaing Anda dan membuat mereka membeli dari Anda?

15.  Bagaimana cara meningkatkan aktivitas pemasaran Anda untuk mendapatkan lebih banyak prospek/calon dan menarik lebih banyak pelanggan potensial?

16.  Apakah produk atau jasa yang perusahaan Anda tawarkan sudah cukup unik dan bersifat spesialisasi?

17.  Deskripsikan perbedaan mencolok Anda jika dibandingkan dengan pesaing?

18.  Deskripsikan keunggulan bersaing Anda secara spesifik jika dibandingkan dengan pesaing?

19.  Apa tipe pelanggan yang akan mendapatkan manfaat maksimal dari keunggulan produk atau jasa Anda?

20.  Aktivitas spesifik apa yang dapat dilakukan di bidang advertising, promosi, dan penjualan untuk memaksimalkan penjualan dan keuntungan?

21.  Bagaimana cara Anda mengonversikan lebih banyak prospek menjadi pelanggan?

22.  Pelanggan mana yang merugikan Anda? Pelanggan mana yang tidak lagi sepadan antara kontribusi yang diberikan dengan waktu dan energi yang mereka habiskan dari perusahaan Anda?

23.  Kegiatan apa yang harus Anda tinggalkan atau kurangi sehingga memiliki lebih banyak waktu untuk kegiatan-kegiatan yang lebih produktif?

24.  Apa positioning Anda saat ini di pasar? Bagaimana orang berpikir dan berbicara tentang Anda dan bisnis Anda?

25.  Apa merek Anda di pasar saat ini? Kira-kira berapa banyak orang yang mengenal merek Anda di pasar tersebut?

26.  Apa saja reputasi yang dibutuhkan untuk membantu Anda mengembangkan merek ini?

27.  Apa saja yang bisa Anda ubah atau perbaiki dari produk, jasa, atau bisnis untuk mulai menciptakan citra merek yang lebih menguntungkan dalam pikiran pelanggan?

28.  Apa tiga kelemahan terbesar Anda sebagai sebuah organisasi?

29.  Apa tiga kendala terbesar Anda untuk mencapai penjualan dan profitabilitas yang lebih tinggi?

30.  Apa tiga potensi ancaman terbesar bagi bisnis Anda hari ini?

31.  Jika Anda memiliki kemampuan untuk melihat masa depan, apa tiga hal terburuk yang bisa mengganggu bisnis Anda satu tahun sekarang?

32.  Apa tiga langkah yang dapat Anda lakukan segera untuk mengantisipasi bahaya tersebut?

33.  Jika Anda memiliki kemampuan khusus untuk melihat masa depan, apa tiga kesempatan besar dalam satu-dua tahun ke depan?

34.  Apa tiga langkah yang bisa Anda lakukan segera untuk menyambut peluang besar tersebut?

35.  Apa tiga kompetensi inti yang harus Anda kembangkan mulai saat ini untuk meraih kesempatan besar tersebut?

36.  Bagaimana teknologi memengaruhi bisnis Anda? Perubahan apa yang disebabkan oleh internet yang memberi pengaruh pada Anda dalam melakukan bisnis?

37.  Setelah menyadari perkembangan teknologi tersebut, aktivitas atau tindakan apa yang akan Anda perbaiki?

38.  Perubahan apa yang harus Anda lakukan dalam bisnis, berkaitan dengan sumber daya manusia dan biaya, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi?

39.  Bagaimana Anda memprioritaskan lebih banyak waktu dan sumber daya pada aktivitas 20% yang menghasilkan 80% keuntungan Anda?

40.  Bayangkan jika bisnis Anda terbakar habis hari ini. Apa produk, jasa, dan aktivitas yang akan Anda lakukan sesegera mungkin untuk memulainya kembali?

41.  Lalu, apa produk, jasa, dan aktivitas yang tidak akan Anda lakukan untuk memulai kembali?

42.  Lakukan analisis setiap aktivitas bisnis Anda. Apa bagian yang bisa Anda sederhanakan, outsource, hilangkan, atau hentikan?

43.  Apa yang bisa Anda lakukan untuk menyederhanakan setiap proses bisnis?

44.  Kegiatan apa yang bisa Anda hilangkan sepenuhnya untuk mempercepat proses produksi barang dan jasa?

45.  Kegiatan apa yang bisa Anda outsource (alih-daya-kan) kepada pihak lain agar Anda dapat fokus pada aktivitas kunci?

46.  Kegiatan apa yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kerugian signifikan?

47.  Apakah ada orang lain dalam aktivitas bisnis Anda seperti pelanggan, karyawan, dan lain sebagainya yang memiliki pengetahuan dan keterampilan seperti Anda saat ini?

48.  Jika Anda bisa memulai bisnis atau karier lagi saat ini, apa yang akan Anda lakukan secara berbeda?

49.  Apa keterampilan, kemampuan, dan bakat yang Anda miliki yang telah membawa Anda pada posisi hari ini?

50.  Dari kesemua itu, apa yang paling penting dalam menunjang Anda untuk meraih target-target di masa yang akan datang?

itulah 50 daftar pertanyaan guna menajamkan visi bisnis Anda dalam mengarungi tahun yang penuh dengan harapan dan keberuntungan ini. Semoga bermanfaat.

source:

No comments:

Post a Comment