MASUKNYA DUNKIN’ DONUTS DI INDONESIA
Dunkin’Donuts
 pertama kali masuk ke Indonesia melalui Penanaman Modal Asing 
Langsungnya dengan membuka perusahaan pertamanya di Jakarta. Dunkin’ 
Donuts sebelumnya juga telah membuka cabang-cabangnya (franchise) di berbagai negara, seperti negara-negara di Eropa.
Sebelumnya,
 dengan mengacu pada UU No. 1 Tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing, 
mari kita lihat terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan penanaman modal
 asing: “Pengertian penanaman modal asing di dalam undang-undang ini 
hanyalah meliputi penanaman modal asing secara langsung yang dilakukan …
 berdasarkan ketentuan-ketentuan undang-undang …. dan yang digunakan 
untuk menjalankan Perusahaan di Indonesia…” Sedangkan yang dimaksud dengan Modal Asing dalam undang-undang tersebut adalah: “Alat
 pembayaran luar negeri yang tidak merupakan bagian dari kekayaan devisa
 Indonesia, yang dengan persetujuan Pemerintah digunakan untuk 
pembiayaan Perusahaan di Indonesia.” Salah satu bentuk pembiayaan yang dilakukan oleh Perusahaan Multinasional di Indonesia adalah dalam bentuk pajak (taxation).
Dunkin’Donuts
 pada mulanya tumbuh dan berkembang di kota Boston, Amerika Serikat pada
 tahun 1940 (dengan nama awal Open Kettle). Kemudian perusahaan ini 
terus tumbuh dan berkembang hingga akhirnya pada tahun 1970, 
Dunkin’Donuts telah berhasil menjadi perusahaan dengan merek 
internasional. Kemudian pada tahun 1983 perusahaan Dunkin’Donuts dibeli 
oleh Domecq Sekutu (Allied Domecq) yang juga membawahi Togo’s dan Baskin Robins. Di bawah  Allied Domecq, perluasan
 pasar Dunkin’Donuts secara internasional semakin diintensifkan. Hingga 
akhirnya gerai Dunkin’Donuts tersebar tidak hanya di benua Amerika saja,
 tetapi juga meluas ke benua-benua seperti  Eropa dan Asia.
Di
 Indonesia sendiri, Dunkin’ Donuts mulai merambah pasarnya pada tahun 
1985 dengan gerai pertama didirikan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat.
 Khusus wilayah Indonesia, master franchise Dunkin’Donuts dipegang oleh 
Dunkin’ Donuts Indonesia. Saat pertama kali Dunkin’Donuts membuka gerai 
pertamanya di Indonesia (pada tahun 1980-an), tidak ada reaksi keras 
dari masyarakat yang menentang perusahaan tersebut untuk masuk. 
Masyarakat cenderung menganggap positif atas upaya perusahaan tersebut 
dalam memperluas jaringan pasarnya. Mereka  justru cenderung merasa 
senang atas hadirnya Dunkin’Donuts di Indonesia.
No comments:
Post a Comment